PENGELOLAAN KELUHAN PELANGGAN
Hallo semua nya, kali ini saya Haerunnisa akan meresume materi Pengelolaan Keluhan Pelanggan yang sudah di sampaikan oleh Dosen Siska Fajar Kusuma, S.M., M.M.
Pengelolaan keluhan pelanggan adalah aspek penting dari pengelolaan bisnis yang efektif. Mempertahankan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dapat dicapai dengan menangani keluhan mereka dengan tepat dan efisien.
Komplain bisa datang dari berbagai lapisan pelanggan dan bisa berasal dari berbagai kelompok. Siapa pun yang mengalami ketidakpuasan atau ketidaknyamanan dengan produk atau layanan dapat menjadi pihak yang melakukan komplain, adapun kelompok yang biasanya melakukan komplain yaitu :
1. Konsumen : Konsumen biasa yang membeli produk atau menggunakan layanan untuk kebutuhan pribadi mereka.
2. Karyawan : melakukan komplain yang berasal dari berbagai lapisan organisasi yang biasanya meliputi aspek pekerjaan, kondisi kerja, hubungan dengan sesama karyawan, atau kebijakan perusahaan.
3. Media Massa : Konsumen yang aktif di platform media sosial dan mungkin menggunakan platform tersebut untuk menyampaikan keluhan mereka secara publik.
Adapun jenis keluhan pelanggan dapat membantu perusahaan memahami berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh pelanggan dan meresponsnya dengan tepat, berikut adalah poin poin dari bentuk keluhan pelanggan yakni :
- 1. Lisan: Keluhan yang disampaikan secara langsung melalui percakapan, panggilan telepon, atau pertemuan tatap muka.
- 2. Tertulis: Keluhan yang dikirim melalui surat, email, atau formulir online.
- 3. Melalui Media Sosial: Keluhan yang diungkapkan di platform media sosial seperti Twitter, Facebook, atau ulasan online.
- 4. Pengaduan Formal : Keluhan yang diajukan secara resmi melalui formulir pengaduan atau lembaran resmi yang disediakan oleh perusahaan.
Komentar
Posting Komentar