KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN PELANGGAN
Hallo semua nya, kali ini saya Haerunnisa akan meresume materi Kepuasan dan KetidakPuasan Pelanggan yang sudah di sampaikan oleh Dosen Siska Fajar Kusuma, S.M., M.M.
Materi kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan merupakan penilaian subjektif terhadap produk atau layanan. Hal tersebut mencakup pengalaman pribadi, ekspektasi, dan persepsi pelanggan terhadap kualitas serta pelayanan. Pada umumnya, kepuasan pelanggan muncul ketika harapan terpenuhi, sedangkan ketidakpuasan dapat timbul akibat ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan.
Harapan Pelanggan muncul akibat banyak faktor dimulai dari ekspetasi terhadap suatu produk atau layanan, Pengaruh dari Eksternal Lain, serta penilaian dari konsumen yang telah menggunakan produk atau layanan tersebut.
Adapun beberapa pelanggan yang tidak menyampaikan keluhan, faktor tersebut bisa saja terjadi akibat pelanggan yang tidak mengetahui atau enggan untuk melakukan prosedur Keluhan, serta faktor lain nya adalah kesulitan untuk menyampaikan bahwa pelanggan merasa tidak puas akan produk atau layanan tersebut.
Saat ini sudah banyak platform atau media untuk mengukur atau menilai suatu produk atau layanan, salah satu contoh nya adalah banyak nya media untuk mereview produk seperti youtube, tiktok, instagram serta e-cormmerce. Maka dari itu perusahaan dapat melakukan evaluasi lebih lanjut terkait berbagai masalah dari sebuah produk.
Dengan adanya sebuah penilaian dari konsumen tentang pengalaman nya menggunakan produk atau layanan, sebuah perusahaan dapat mengukur dan meng analisi bagaimana seseorang atau konsumen memberikan feedbacknya berupa sikap loyal pada suatu produk atau layanan.
Loyalitas pelanggan adalah kesetiaan dan komitmen yang ditunjukkan oleh pelanggan terhadap suatu merek, produk, atau layanan. Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan melibatkan pengalaman positif, kualitas produk atau layanan yang konsisten, kepuasan, dan hubungan jangka panjang. Pelanggan yang loyal cenderung memilih kembali dan melakukan pembelian berulang, serta dapat menjadi pendukung merek dengan memberikan rekomendasi kepada orang lain. Loyalitas pelanggan memainkan peran penting dalam keberhasilan jangka panjang suatu bisnis.
Komentar
Posting Komentar