PENGARUH NEGOSIASI PADA PROSES JUAL BELI BARANG BEKAS SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PENGARUH NEGOSIASI PADA PROSES JUAL BELI BARANG BEKAS SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstrak
Manusia
melakukan tindakan pengambilan keputusan setiap saat baik yang disadari ataupun
tidak. Berlaku pula pada konsumen, tindakan pengambilan
keputusan ini pasti selalu dilakukan. Aktivitas berbelanja ialah suatu tindakan
yang dilakukan oleh individu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya,
guna memenuhi kebutuhan hidup tersebut, tak sedikit orang membeli produk yang
sudah bekas. Proses jual beli tidak bisa dipisahkan dari kata negosiasi.
Melalui survei dengan metode pengumpulan data yang memanfaatkan google form yang disebar kepada toko
yang menjual barang bekas di wilayah Bandung, peneliti mendapatkan 25 responden
dan memperoleh hasil bahwa 72% responden telah menerapkan sistem negosiasi di
toko nya serta 84% responden mengatakan bahwa sebagian besar pelanggan yang
telah melakukan negosiasi memutuskan untuk membeli. Dari hasil dapat dilihat
bahwa sistem negosiasi mempengaruhi keputusan pembelian pada proses jual beli
di toko barang bekas.
Kata Kunci: Barang bekas, jual beli, keputusan, negosiasi.
Komentar
Posting Komentar