STRATEGI KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI DALAM WIRAUSAHA BERAS PADA MASA PANDEMI COVID-19
Sektor pertanian merupakan sektor yang memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian. Di negara berkembang dan maju, beras merupakan salah satu makanan pokok dan strategis di dunia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan alat pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan perilaku bertahap. Wawancara dilakukan melalui kunjungan langsung ke kios beras, mengingat masih efektifnya social distancing maka setiap kios dilakukan wawancara kurang lebih selama 1 jam. Cara penyebaran wawancara ini dimulai dari peneliti mengirimkan permohonan sebagai calon responden penelitian melalui pesan singkat yang berisi tentang identitas peneliti dan alasan melakukan penelitian, meminta izin merekam percakapan, perihal lama waktu wawancara, dan meminta kesediaan waktu responden untuk diwawancara. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup atau kuesioner terstruktur yang menggunakan skala likert untuk memberikan alternatif jawaban. Kuesioner akan didistribusikan mulai tanggal 15 Februari 2021 sampai dengan 27 Maret 2021 dengan harapan cukup banyak responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Kami berharap cukup banyak responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini.
Komentar
Posting Komentar