DAMPAK NEGOSIASI TERHADAP KEUNTUNGAN UMKM
ABSTRAK
Saat ini Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan yang menjadi ujung tombak
perputaran ekonomi nasional Indonesia dengan memberikan kontribusi besar dalam
pertumbuhan perekonomian nasional saat ini. Di dalam kegiatan UMKM terdapat
faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan UMKM dan sangat berdampak terhadap
keuntungan pelaku UMKM. Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih bertujuan untuk mencapai kesepakatan
bersama sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan. Negosiasi menjadi
faktor yang membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan keuntungan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh negosiasi terhadap keuntungan pelaku UMKM. Metode
penelitian dilakukan secara
deskriptif kuantitatif dan pengumpulan
datanya
dilakukan dengan cara mengambil sampel secara random, menggunakan instrumen
penelitian, dan analisis data secara kuantitatif/statistik. Melibatkan sejumlah
dua puluh satu
pelaku UMKM sebagai narasumber dan negosiator. Temuan penelitian ini
berdasarkan hasil dari beberapa responden yang menyatakan kegiatan UMKM diikuti
negosiasi dalam proses penjualannya sangat berdampak terhadap keuntungan dan
kerugian usaha. Sebagian responden beranggapan bahwa negosiasi merupakan hal
wajar dalam kegiatan usaha. Negosiasi memiliki peran penting dalam segala
aktivitas pelaku UMKM untuk mendapatkan hasil dan keuntungan pelaku UMKM itu
sendiri.
Kata Kunci : Keuntungan,
Negosiasi, UMKM
Komentar
Posting Komentar