Analisis Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee

 

Adanya kemajuan teknologi pada masa kini, maka kita di mudahkan untuk mengakses seluruh aktivitas termasuk berbelanja online untuk kebutuhan sehari hari. Dengan banyak nya platform e-commerce yang sedang menjamur, salah satu yang paling popular adalah platform e-commerce shopee, Aplikasi shopee merupakan platform belanja online dengan menggunakan konsep sosial. Salah satunya bisa bernegosiasi untuk pembelian produk pada aplikasi tersebut.Upaya penelitian yang kami buat dengan menggunakan kuisioner dengan target para seller shopee. Metode yang digunakan pada penelitian jurnal ini bersifat kuantitatif dan akumulatif, ada sebanyak 35 tanggapan seller. Aplikasi shopee sebagai bisnis adalah sebanyak 85,7%. Jenis produk yang dijual paling banyak adalah Fashion 36,4% dan perawatan serta kecantikan 27,3%. keuntungan berjualan di Shopee sebanding dengan profit yang didapat dengan E- commerce lain. Adapun produk yang dapat ditawar adalah sebanyak 65,6%. Strategi pemberian ulasan pada produk original 54,5%, harga terjangkau 60,6%, kualitas terbaik 57,6%, pemberian diskon 42%, layanan COD 33,3%, dan respon cepat terhadap pelanggan 39,4%. Pengaruh ulasan pelanggan pada toko seller sebanyak  81,8%. Dapat disimpulkan bahwa platform shopee masuk dalam kategori negosiasi model business-to-costumer (B2C), dengan upaya peningkatan pelayanan komunikasi dan negosiasi yang baik, maka pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa puas berbelanja online



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja

Manajemen Pelayanan Publik

Pelatihan Manajemen RT/RW-NET pada UMKM M&S NET dalam Menyediakan Internet bagi Masyarakat