Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang dilakukan secara daring dan untuk mengetahui
efektifitas dari penggunaan zoomcloudmeeting sebagai media dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Dimana pembelajaran
jarak jauh ini telah ditetapkan oleh pemerintah karena adanya dampak dari
pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)yang merambat ke berbagai bidang, salah
satunya bidang pendidikan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan groundedtheory. Jumlah sampel yang
digunakan sebagai unit analisis dalam penelitian ini berjumlah 57orang,
yakni mahasiswa di daerah Bandung Jawa
Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan googleform dengan mengajukan
beberapa pertanyaan sederhana yang disebarluaskan menggunakan media online,
seperti WhatsApp dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran secara daring adalah tidak efektif sebesar 5,2%, kurang efektif
sebesar 63,8%, cukup efektif sebesar 27,6%, efektif sebesar 1,7%, dan sangat
efektif sebesar 1,7%. Dan hasil penelitian penggunaan zoomcloudmeeting sebagai media pembelajaran daring adalah tidak
efektif sebesar 5,2%, kurang efektif sebesar 50%, cukup efektif sebesar 34,5%,
efektif sebesar 8,6%, dan sangat efektif sebesar 1,7%. Dengan demikian, dapat
dikatakan pembelajaran daring danpenggunaan zoomcloudmeetingsebagaimedianya dinilai kurang
efektif, namun dinilai praktis dan dapat mendukung pembelajaran jarak jauh.
Komentar
Posting Komentar