Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang dilakukan secara daring dan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan  zoomcloudmeeting sebagai media dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Dimana pembelajaran jarak jauh ini telah ditetapkan oleh pemerintah karena adanya dampak dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)yang merambat ke berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan groundedtheory. Jumlah sampel yang digunakan sebagai unit analisis dalam penelitian ini berjumlah 57orang, yakni  mahasiswa di daerah Bandung Jawa Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini  menggunakan googleform dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana yang disebarluaskan menggunakan media online, seperti WhatsApp dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring adalah tidak efektif sebesar 5,2%, kurang efektif sebesar 63,8%, cukup efektif sebesar 27,6%, efektif sebesar 1,7%, dan sangat efektif sebesar 1,7%. Dan hasil penelitian penggunaan zoomcloudmeeting sebagai media pembelajaran daring adalah tidak efektif sebesar 5,2%, kurang efektif sebesar 50%, cukup efektif sebesar 34,5%, efektif sebesar 8,6%, dan sangat efektif sebesar 1,7%. Dengan demikian, dapat dikatakan pembelajaran daring danpenggunaan zoomcloudmeetingsebagaimedianya dinilai kurang efektif, namun dinilai praktis dan dapat mendukung pembelajaran jarak jauh.






 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Manajemen RT/RW-NET pada UMKM M&S NET dalam Menyediakan Internet bagi Masyarakat

KESAN DAN PESAN ACARA SEMINAR PELAYANAN PRIMA

Manajemen Pemasaran Digital Penjual Tanaman Hias Greenhouse Sahabat Kaktus