PARADIGMA PELAYANAN
Hallo semua nya, kali ini saya Haerunnisa akan meresume materi Paradigma Pelanggan yang sudah di sampaikan oleh Dosen Siska Fajar Kusuma, S.M., M.M.
Paradigma pelayanan merupakan kerangka kerja dasar yang membimbing penyelenggaraan layanan kepada pelanggan atau masyarakat. Paradigma ini mencakup nilai-nilai, prinsip, dan pendekatan yang membentuk bagaimana suatu layanan diberikan dan dijalankan. Penerapan paradigma ini dapat membantu meningkatkan mutu layanan, kepuasan pelanggan, dan citra organisasi.
Adapun 5 Konsep Dasar Utama dari Paradigma Pelayanan Yakni :
1. Better (perusahaan berusaha untuk menyediakan layanan yang lebih baik dalam hal kepuasan pelanggan, keandalan, dan kemampuan memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.)
2. Faster (Semakin Cepat peningkatan kresponsivitas dalam penyediaan layanan. Tujuannya adalah memberikan pelayanan yang cepat tanpa mengorbankan kualitas)
3. Newer ( Perusahaan berupaya untuk tetap relevan dengan kemajuan teknologi terkini, model bisnis baru, atau fitur-fitur inovatif, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang sesuai dengan generasi dan model saat ini)
4. Cheaper ( Perusahaan memberikan layanan dengan biaya yang lebih rendah tanpa mengorbankan kualitas. Tujuannya adalah memberikan nilai tambah kepada pelanggan dengan harga yang lebih ekonomis)
5. More Simple (Perusahan menyediakan layanan yang mudah dipahami, diakses, dan digunakan oleh pelanggan. menyederhanakan proses pelayanan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan)
Setelah mengetahui konsep dasar dari paragdima pelayanan adapun TQM dari Pelayanan yang merupakan paradigma baru dalam manajemen untuk memaksimalkan daya saing serta melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Konsep ini menekankan pentingnya mencapai dan mempertahankan tingkat kualitas yang tinggi dalam seluruh aspek penyelenggaraan layanan. TQM melibatkan setiap tingkatan organisasi untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas.Perusahaan menerapkan kontrol kualitas yang ketat, serta melibatkan karyawan dalam upaya peningkatan terus-menerus, dan memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai indikator kualitas.
Standar Mutu Pelayanan prima menjadi indikator penting untuk mempertahakan kualitas pelayanan perusahaan. Standar pada pelyanan ini dapat mencakup prosedur operasional, tingkat respons, tingkat kualitas yang diharapkan, dan aspek-aspek lain yang relevan. Serta Mutu pelayanan prima tidak hanya mencakup pemenuhan standar, tetapi juga memberikan nilai tambah, inovasi, dan responsivitas yang melebihi ekspektasi.
Adapun beberapa Tingkat Harapan Yakni :
1. Harapan sederhana
2. Kepuasan Dalam Spesifikasi Tertentu
3. Adanya tuntutan
Dengan adanya tingkat yang melebihi harapan, menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
Dengan demikian Paradigma pelayanan mencakup seperangkat pandangan dan prinsip-prinsip yang membimbing penyelenggaraan layanan kepada pelanggan atau masyarakat secara umum. Melalui penerapan paradigma pelayanan ini, perusahaan dapat menciptakan budaya pelayanan yang kuat, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai keunggulan kompetitif dalam penyelenggaraan layanan mereka.
Komentar
Posting Komentar